Selasa, 28 Januari 2020

VClass PPSI Pre-Test 2


1. Jelaskan Konsep dasar “Pengelolaan Proyek Sistem Informasi” ! Bilamana suatu proyek dikatakan sukses? Apa saja parameternya? Jelaskan!

Dalam konsep dasar manajemen proyek sistem informasi, manajemen proyek yang efektif bisa dipengaruhi oleh 4 (empat) faktor utama yaitu sebagai berikut.

1. Manusia
Didalam pekerjaan sistem informasi, faktor human (manusia) memiliki peranan yang sangat penting dalam kesuksesan manajemen proyek.Faktor manusia yang berperan penting ini dinyatakan didalam model kematangan kemampuan manajemen manusia yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kesiapan suatu sistem informasi didalam memecahkan masalah dengan menjalankan kegiatan :
  • Seleksi (memilih, menerima)
  • Kinerja Manajemen
  • Pelatihan
  • Kompensasi
  • Pengembangan Karir
  • Organisasi
  • Perencanaan Kerja
  • Pengembangan Tim

2. Produk
Dalam pengembangan manajemen proyek sistem informasi, produk juga memiliki peranan dalam :
Penentuan ruang lingkup
Penentuan obyektif produk
Pendefinisian solusi alternatif

3. Proses
Pada faktor proses, perlu dipertimbangkan :
Kegiatan layar kerja dari suatu pengembangan software ditentukan
Bermacam tugas, milestone, produc kerja serta poin poin tentang quality assurance dibahas

4. Proyek
Pada faktor proyek, Permasalahan yang hendak diantisipasi :
Biaya proyek mengalami pembengkakan dan jadwal penyelesaian proyek yang diperpanjang.
Gagal atau tidaknya sebuah proyek.

Parameter kesuksesan sebuah proyek

1. Waktu
Waktu adalah durasi untuk menyelesaikan sebuah proyek. Start date dan Finish date setiap aktivitas dalam proyek ditentukan dan menjadi baseline proyek. Baseline ini akan menjadi acuan terhadap actual pekerjaan untuk tiap-tiap ativitas. Productivitas proyek akan diukur terhadap baseline ini apakah terlambat, tepat waktu atau lebih cepat.
2. Biaya
Biaya adalah parameter penting lainnya. Biaya tidak hanya terbatas pada biaya yang disepakati saat lelang dan tanda tangan kontrak, tetapi biaya keseluruhan proyek ditambah biaya tak terduga seperti change order, modifikasi pekerjaan selama masa konstruksi dan biaya hukum yang dikeluarkan akibat perselisihan kontrak. Ukuran biaya dapat berupa biaya per unit atau persentase biaya terhadap anggaran.
3. Kualitas
Kualitas adalah kriteria dasar lain sebagai parameter kesuksesan proyek. Kualitas adalah jaminan sebuah produk untuk memberikan keyakinan bagi client atau end-user untuk membeli atau menggunakan produk tersebut. Quality Plan dibuat oleh client sebagai pedoman bagi kontraktor dalam mengerjakan proyek. Ukuran spesifikasi teknis adalah sejauh mana persyaratan teknis yang ditetapkan dapat dicapai. Pengukuran kualitas akan diukur secara subjektif dengan menggunakan referensi yang disebutkan dalam Quality Plan.

2. Jelaskan secara detail “ Project Management Framework”! Berikan contoh untuk masing masing kasus pada “core fuction” dan “facilitating function!

Kerangka kerja manajemen proyek terdiri dari proses, tugas, dan alat yang digunakan untuk mengambil proyek dari awal hingga selesai. Ini mencakup semua komponen utama yang diperlukan untuk perencanaan, pengelolaan, dan pengaturan proyek.

Kerangka kerja manajemen proyek dapat dibagi menjadi tiga bagian:
Siklus hidup proyek: Ini adalah siklus yang dilalui proyek dari awal hingga akhir. Ini terdiri dari lima fase:
  • Inisiasi
  • Perencanaan
  • Eksekusi
  • Pemantauan & pengendalian
  • Penutupan

Siklus kontrol proyek: Siklus kontrol adalah proses memantau dan mengendalikan proyek.

Alat dan templat: Rencana proyek, laporan manajemen proyek, dan log risiko adalah alat dan templat umum yang digunakan untuk mengelola proyek.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar