Minggu, 25 November 2018

behaviour, formed?


Pernah dengar bahwa sikap anak itu gimana didikan orangtua?

Dulu, waktu sd gue ga terlalu ngeh dan percaya dengan kalimat itu karna menurut gue itu terlalu teoritis gak ada buktinya

Karna waktu itu sering banget nemuin anak yang baik, kalem, sangat santun, sopan, ya luasnya mengerti tata krama. Padahal orangtua mereka bener – bener bukan panutan, yang suka berantem, bentak anak, suka kabur – kaburan dan sejenisnya.

Sebaliknya gue liat anak yang begajulan banget, kerjaan nya cuma cari gara – gara, kalo ga begitu mungkin dia bisa asma saking tiap tarikan nafas merupakan ide - ide busuk yang dia ciptakan, tapi berada di tengah keluarga yang rukun, ibu yang sangat pengertian, keluarga yang berpendidikan, santun,  gak ada stigma negatif sedikit pun dilingkungan nya.

Dari situ gue mulai menyimpulkan bahwa keluarga bukan faktor utama dalam pembentukan mentalitas seorang anak, yang membentuk sikap dan perilaku anak ya diri dia sendiri, lingkungan pun ikut serta.

Tapi ternyata sekarang menurut gue kesimpulan yang diambil selama ini gak tepat,emang bener bahwa peran keluarga sangat penting terhadap perkembangan jiwa dan sikap dari anak.

Gimana pun lingkungan memberi tekanan kalo dasar dari pengetahuan anak mana yang baik dan mana yang kurang baik sudah di tanam kan sejak dini sedikit banyak pasti memiliki pengaruh saat dia beranjak dewasa, ya istilah nya se-begajulnya juga ga begajul amat.

Orangtua gue terutama ibu selalu mewanti – wanti gimana seharusnya gue bersikap terhadap oranglain, cara menyikapi oranglain baik yang suka maupun gak suka terhadap gue, semuanya harus tetep di balas menggunakan hati gak boleh menggunakan ego, ya walaupun gue belum bisa se-legowo itu masih sering ada kiat – kiat untuk melakukan hal yang sama.

Tapi itu semua buat apa?

Semakin banyak gue berinteraksi dengan orang lain, kebenaran yang berasal dari hati mulai bermunculan. Iya juga apasih yang gue dapet dengan terus menjunjung tinggi ego gue? Memberi makan ego apa akan menyembuhkan kekesalan hati gue? Enggak kan

Nah yang gini gak gue dapetin dalam kelas, hal seperti ini malah bakal banyak gue dapetin di luar kelas, ga selalu dalam organisasi kok tenang aja.

Apa harus satu dua tiga empat biji manusia yang gak suka, membuat gue gelap mata bahwa lebih banyak orang yang support dan sayang sama gue? Yang gak suka dan gak sejalan wajar, mereka ikut andil dalam pendewasaan diri gue, penstabilan antara keras kepala dan kerendahan hati, harusnya gue berterimakasih. yeaahhh 

Kalimat – kalimat dari mulut orang tua emang gak pernah ada salahnya

Memang benar semuanya berawal dari dalam rumah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar