Sabtu, 17 Desember 2016

Pengantar Ilmu Sosial Dasar



Hallo para pembaca perkenalkan nama saya Peni Nur’aeni Apandi, saya  seorang Mahasiswi jurusan Sistem Informasi, kelas 1KA32, dengan NPM 15116748, yang sedang menempuh Program Sarjana di Universitas Gunadarma District Karawaci.
Disini saya mendapatkan tugas untuk mengulas tentang Ilmu sosial dasar dan perubahan yang saya pribadi rasakan setelah mempelajari mata kuliah yang satu ini.
Ilmu Sosial Dasar atau yang sering disingkat ISD merupakan salah satu mata kuliah di jurusan SI yang berbasis Softskill , sebenarnya ini bukan hal yang baru untuk saya karna ISD ini merupakan pelajaran yang bemuat tentang nilai nilai sosial yang sebelumnya telah dipelajari di jenjang SD, SMP, dan SMA dengan nama lain Ilmu Pengetahuan Sosial.
Namun berbeda dengan sebelumnya mata kuliah ISD lebih mengacu kepada nilai nilai dasar tentang ilmu sosial, pengaplikasian di masyarakat, dan sikap yang harus kita miliki sebagai pemeran dalam kehidupan sosial.

Sebagai murid di sekolah menengah yang mungkin masih bisa dibilang labil saya tidak mempehatikan dan tidak terlalu memperdulikan tentang bagaimana pentingnya menjadi makhluk sosial yang peduli pada lingkungan sekitarnya, faktor pola fikir mungkin adalah alasan utama, dan kemungkinan bukan hanya saya sebagai seorang siswa menengah yang berfikir demikian, kebanyakan dari mereka pun saya rasa tidak jauh berbeda dengan apa yang saya rasakan terhadap lingkungan, ya walaupun itu sangat tidak mencerminkan penerus bangsa yang baik tetapi itulah kenyataan yang ada di masyarakat.

Saat pertama mempelajari ISD juga saya masih tetap berfikir sama bahwa pelajaran ini terlalu monoton, terlalu banyak teori tanpa aksi, ya secara kasar bisa dibilang ini adalah pelajaran yang membosankan, hingga satu kali saya merasa ingin tahu alasan mengapa pelajaran ini begitu membosankan (?), bagaimana bisa kebanyakan dari individu kurang menyukai pelajaran ini (?) 

Walaupun sebenarnya diri saya sendiri bisa menjawab, tetapi tetap saya merasa masih sangat ingin tahu apakah yang dirasakan individu lain sama seperti apa yang saya rasakan.
Akhirnya saya mencoba untuk mendengarkan dari awal sampai akhir pertemuan dengan baik, berulang ulang, saya mencoba untuk mencerna tentang APA YANG SEBENARNYA INGIN DISAMPAIKAN oleh para pendidik Ilmu Sosial. 

Dari situ pemikiran saya mulai sedikit berubah tentang Ilmu Sosial semua yang disampaikan merupakan pokok penting tentang kehidupan bermasyarakat, tentang bagaimana kita sebagai pemeran sosial harus berlaku adil terhadap apa yang kita lakukan, menempatkan sesuatu sesuai pada tempatnya, dan masih banyak lagi hal mengenai kehidupan bermasyarakat yang sebenarnya sangat sangat penting untuk di utamakan, memberikan motivasi kepada saya untuk lebih peduli terhadap lingkungan yang saya tinggali.

Perubahan yang saya rasakan mungkin belum terlalu banyak berubah tetapi sedikitnya saya lebih berfikir bagaimana membuat kehidupan sosial saya  pribadi di masyarakat lebih sejahtera dan lebih sesuai dengan apa apa yang ada didalam norma kehidupan bermasyarakat di lingkungan saya.
Mungkin tentang pengantar mata kuliah Ilmu Sosial Dasar cukup sampai disini, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat dan bisa membuat para pembaca lebih termotivasi untuk peduli terhadap kehidupan bersosial, terimakasih atas kunjungannya ๐Ÿ˜Š, bertemu di postingan selanjutnyaaaaaa ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
Share:

1 komentar: